E-71 for your mobile life..

nokia-e71Meskipun udah banyak saingan di pasaran untuk handset di segmen yang sama, E71 masih jadi pilihan utama para pengguna handphone *paling tidak buat saya & beberapa teman saya. Sebut saja Nokia E72 yang baru aja lahir, ada juga berbagai macam tipe blackberry dengan varian barunya si Gemini, apalagi handphone China dengan berbagai merk yang hampir mirip modelnya meskipun isinya beda jauh.
Apa kelebihan dari penerus seri E Nokia ini, pastinya banyak yang bisa di explore dari si eji *nama panggilannya, jadi jangan cepat beralih ke model lain kecuali jika tidak bisa memanfaatkan fungsi E71 dengan maksimal.
Mari diulas satu persatu :

  • Messaging

Untuk messaging, ada berbagai macam cara yang bisa digunakan pada E71. Mulai SMS, MMS, email *berbagai email baik push mail maupun pull mail bisa dipakai*, messenger, bisa dipakai semua. Dengan adanya qwerty keyboard makin memudahkan dalam mengetik pesan, banyak sekalipun. Didukung pula dengan berbagai aplikasi baik free maupun berbayar yang support symbian, contohnya

Messenger : Frings, Ebuddy, Shmessenger, Nimbuzz, Palringo, Agile, Im+, Ovi, dll

Email : Seven, Mail for Exchange, Gmail, Bluewhale, dll

SMS : standar

  • Office

Untuk urusan perkantoran, Quickoffice di E71 sudah cukup mumpuni untuk menggunakan sekedar ketik mengetik di word, hitungan di excell, maupun presentasi di power point. Kabar terbaru adalah adanya upgrade gratis untuk quickoffice agar compatible dengan MS Office 2007 format. Selain itu aplikasi standar calculator, notes, sheduler, memo, calendar, file manager, pdf viewer, dan yang terbaru active notes *untuk membuat notes interaktif* tentu saja tetap ada.

  • GPS

Ini aplikasi yang paling dicari2 dulu *sama aq maksudnya*. Kemampuan untuk menunjukkan peta lokasi dan navigasinya mempermudah perjalanan, apalagi yang belum tau jalan *seperti aq*. Untuk defaultnya, Nokia menggunakan Nokia Map yang telah diperbarui menjadi Ovi Map untuk integrasi dengan layanan Ovi lainnya. Aplikasi lain dapat menggunakan Garmin Mobile, maupun GMap yang hampir setara kemampuannya.

  • Social Networking & Web connection

Isu paling hangat tahun ini, ada banyak media social seperti friendster, facebook, myspace, twitter, dll. Ada beberapa aplikasi yang mendukung penggunaan mereka, contohnya facebook bookmark buat facebook an, twibble dan twits60 buat twitter. Secara keseluruhan semua web tersebut dapat diakses dari web browser nokia, atau menggunakan Operma mini *yang sekarang sudah mencapai v.5*, atau skyfire juga bisa.

  • Konektivitas

Didukung bluetooth 2.0, usb connector, infra red, wifi, sudah termasuk lengkap banget, apalagi masih ada HSDPA alias 3.5 G. E-71 juga dapat dipakai untuk modem dial up melalui komputer.

  • Games

Untuk urusan permainan, termasuk sedikit dibanding sodaranya N-Gage, ya karena penggunaannya bukan untuk bermain game, tapi lebih penggunaan kantoran. Tapi paling tidak ada beberapa game yang disediakan buat layar lebarnya *dan hampir semua game untuk symbian v.3 bisa dimainkan, apalagi game java*, misalnya aja jumpy bug, bomberman, froga, dll *bisa ditemukan di ovi store atau sumber lainnya*

  • Multimedia

Multimedia di E-71 juga lumayan lengkap, music player, real video player, camera, video call, image viewer, recorder, atau mau memainkan div-x juga bisa memakai div-x mobile. Untuk memainkan video lain juga bisa, asal diconvert dahulu ke format yang compatible.

  • Support

Saat ini sudah diluncurkan service baru bagi pengguna Nokia secara umumnya, yaitu Ovi. Mirip dengan Applestore, Ovi menyediakan berbagai aplikasi untuk pengguna Nokia, tidak hanya itu aja, Ovi juga menyediakan service email, chat *mirip BBMessenger*, file share, dan multimediashare.

Begitu banyak yang belum bisa diexplore dari barang mungil ini, jadi buat apa ganti handphone kalo dalemannya E71 aja belum diuprek, apalagi ganti handphone yang speknya tinggi, malah ngga guna. CMIIW🙂

2 thoughts on “E-71 for your mobile life..

  1. classic says:

    alou bantuannya bozz … pengalaman selama ini pake nokia E71 tiap kale klik camera (itu selalu da suara krik–pelan seh tapi kesannya kasar suaranya … padahal d menunya saya none kagak pake suara—perlu d service to emang bawaan dari pabrik thnak’s yap)

  2. dhieka says:

    kalo itu memang bwaannya bro, g bisa di silent *kcuali earphonenya dipake*.kalo mw motret tnpa suara, ada aplikasi nya , namanya ccam, coba gugle ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: