beda smartphone dan pda

smartphone atau bisa diartikan telephone pintar saat ini sedang dalam masa gencar2nya diproduksi, hampir tiap bulan ada saja smartphone yang baru dimunculkan di pasaran. sebanding pula dengan smartphone, pda atau singkatan dari personal digital assistant saat ini juga banyak diproduksi. pda dulu pernah populer sebagai gadget pelengkap para pebisnis, tapi dulu pda hanya sebagai gadget dan bukan seperti bentuk sekarang ini yang sudah diintegrasikan dengan kemampuan telekomunikasi.

sekarang jika dibanding- bandingkan , akan terasa sulit untuk membedakan mana smartphone dan mana pda, (nah lohh .. ), karena hampir semua fitur2 di smartphone ada juga pada perangkat pda. jadi dimana perbedaan nya ?? berdasarkan informasi di media elektronik yang bernama tv, perbedaan paling kentara dari 2 perangkat ini adalah di sisi konsep awal pembuatannya.

  • smartphone, konsep awalnya adalah dari sebuah alat komunikasi mobile bernama handphone dengan fitur utama telephone dan messaging. kemudian di upgrade fungsi2nya, ditambah fitur music, kamera, office, video player, televisi, gps, de elel sehingga fungsinya menjadi kompleks dan menjadikan handphone biasa menjadi handphone pintar
  • pda, konsep awalnya adalah sebuah perangkat pembantu / asisten dari penggunanya, fungsi utama diantaranya penyimpan note, contact dan . nah, sama halnya dengan smartphone, untuk menambah kegunaan pda itu sendiri (yang sempat tergusur oleh kemunculan smatphone) maka disematkan fungsi komunikasi di dalamnya, jadilah pda phone. tidak sampai disitu, fitur2 yang menempel di smartphone pun diadopsi semacam music, kamera, video, (untuk office tentu saja pda menjadi pelopornya, karena gadget pda juga merupakan cikal bakal pocket pc).

nah itulah sebabnya, semakin tidak jelasnya gap antara smartphone dan pdaphone, karena jika dilihat2, 2 perangkat ini akan menuju pada satu titik tujuan tertentu yang sama.tapi secara kasat mata, perbedaan 2 perangkat ini masih bisa diketahui. tau dopod 838 pro ?? termasuk pda atau smartphone kah ?? jelas saja jawabannya adalah pdaphone. kalau nokia n96 ?? nah kalo ini namanya smartphone. sudah sedikit ketahuan kan bedanya. kebanyakan pdaphone mengadopsi fitur touchscreen yang menjadi andalannya sejak dulu, tengok saja produk htc yang baru2, hampir semua memakai touchscreen, karena konsepnya memang pdaphone. jika smartphone, jarang yang menggunakan touchscreen, semisal nokia n96, nokia e90communicator, bahkan lebih banyak yang menyematkan keyboard qwerty pada smartphone untuk menambah keunggulannya. nahh, tidak mau kalah juga, pdaphone yang awalnya keyboard virtual touch, ikut ikutan juga memakai kaeyboard fisik. semakin tidak jelas lah hubungan 2 perangkat ini, karena satu dengan yang lain saling berlomba untuk menambah nilai kegunaan perangkatnya.

tapi kesamaan dari 2 perangkat ini gampang sekali diketahui, harga yang mahal, meskipun memang setara dengan fitur yang ada di dalamnya.

Tagged ,

One thought on “beda smartphone dan pda

  1. DidiZ says:

    tapi sekarang ada keluaran HTC namanya HTC Touch…. dan banyak orang melabel kannya sebagai Smartphone……. nah lo….. gimanan dong…????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: