kebutuhan database

database saat ini tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu kebutuhan dari berbagai macam bidang usaha, kecil – menengah – sampai enterprise. untuk apakah database ? untuk menyimpan data tentunya, secara simple jawabannya adalah seperti itu. tetapi, perkembangan tekhnologi yang semakin canggih mengubah paradigma dari sebuah istilah database. database tidak hanya menyimpan data, tapi lebih, lebih dan lebih. sebagian kecil contoh adalah kombinasi antara database dengan aplikasi entah itu desktop ataupun web base, apalah artinya aplikasi tersebut tanpa adanya database, data masih berbentuk text file misalnya, tentulah aplikasi menjadi kurang powerfull. contohnya aplikasi weblog, online store, hosting, semua pakai database.kemudian usaha kecil buat apa pakai database, kan masih kecil data yang dimilikinya… ambil contoh usaha distro kecil, apakah pemilik menjalankan usaha tanpa database?? yakin 100% kalau pemilik pasti memakai database, meskipun sebatas excell atau aplikasi database kecil lainnya. tapi tentu saja usaha kecil yang memakainya sudah melek tekhnologi, kalau penjual2 di desa2, toko2 kecil, tentu saja yakin 100% juga mereka jarang yang memakai database, paling2 buku notes panjang untuk mencatat semua transaksi mereka, bayangkan saja transaksi yang semakin banyak, buku semakin tebal, parahnya lagi kalau bukunya hilang, jadi bingung kan. itulah salah satunya manfaat penggunaan tekhnologi database. pencatatan teratur, mudah disimpan, dapat dibackup, de el el, masih banyak manfaat yang lain. untuk enterprise, ga usah ditanya lagi, bukan lagi database yang dibutuhkan tetapi berupa data warehouse ( gudangnya database ).

jadi inti posting ini apa ?? ya mencoba mengulas database seperti apa sih yang dibutuhkan saat ini oleh bidang2 usaha tertentu.

database secara keseluruhan dibagi menjadi 2 berdasarkan platform yang ditungganginya, desktop database & server database. secara tidak langsung, kebutuhan terhadap database juga terpengaruh dari 2 segmen ini.

  • desktop database, pasti sudah dapat dimengerti bahwa database ini akan berjalan di level desktop komputer. sebagian contoh database desktop antara lain seperti ms access, filemaker, foxpro, lotus, excell, my sql, de el el. karakteristik desktop database lebih ke arah kemudahan dalam penggunaan, ukuran database yang kecil, proses yang tidak terlalu memakan beban prosesor, dan tentunya dapat dijalankan di komputer desktop ( biasanya sampai maksimal 2 cpu ). apakah database model ini lebih murah?? dibandingkan server database tentu saja, tetapi kalau secara real, harga tetap saja masih mahal, contohnya ms access, bisa dilihat sendiri berapa harga sebuah ms access. tetapi yang free pun sebenarnya juga ada seperti my sql (edisi desktop tentunya, bukan yang enterprise).
  • server database, lebih diarahkan ke pemakaian untuk data yang sangat besar dan untuk perusahaan yang besar tentunya. beban proses cpu yang tinggi, pemrosesan data yang lebih kompleks, hasil proses yang lebih bervariatif, konsumsi memori yang tinggi, mampu menghandle multi user, dan masih banyak lagi. pilihan untuk server database seperti oracle, sql server, atau ibm db2. tekhnologi yang dipakai pun makin canggih, seperti oracle yang memiliki grid computing (artinya aja masih belum tau :D).

seiring perkembangan dunia tekhnologi juga, dan makin maraknya dunia open source, beberapa perusahaan besar pun mengeluarkan edisi free database mereka, antara lain yang banyak diketahui seperti oracle express edition, sql server express edition, dan db2 express edition.

2 thoughts on “kebutuhan database

  1. ELSA says:

    Apa perbedaan Microsoft SQL Server Express dan SQL Server
    and apa saja aplikasi yg trdapat dLm SQL Server Express??
    Apakah sM dgn SQL Server Aja??Manfaatnya apa??

  2. dhieka says:

    sql server express merupakan versi compact dari sql server 2005 dengan mengadopsi engine nya, lebih ditujukan untuk penggunaan pada komputer desktop atau server kecil. beberapa batasannya diantaranya kemampuan penyimpanan data yang hanya sampai 4GB dan tidak disertai fitur bussiness intelligence. perbedaanya juga dalam hal administrasi yang simple, kemudahan dalam pengoperasian database, ukuran aplikasi yang lebih kecil, dan masih banyak yang lain. pada intinya, untuk kebutuhan database yang kecil, tipe express lebih recomended digunakan, selain karena cara memperolehnya yang gratis (tinggal download di situs resminya saja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: